AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Disusun oleh :
DEASY EKA FATIMAH
CGP ANGKATAN 4 - BONDOWOSO
FACT (Peristiwa)
Pengelolaan program yang berdampak pada murid
merupakan faktor yang mendukung terwujudnya kepemimpinan murid (student agency)
dan pembelajaran yang berpusat serta berpihak pada murid dalam lingkup merdeka
belajar. Dalam program atau kegiatan yang berdampak pada murid selalu mengutamakan
keaktifan dan kebebasan murid untuk mengelola
program, kegiatan dan pembelajaran di sekolah sesuai potensi yang dimilkinya, kebutuhannya
dan sesuai dengan ide atau pendapatnya (voice), disesuaikan juga dengan pilihan
murid (choice), sehingga berdasarkan ide dan pilihan murid dalam pelaksanaan
program atau kegiatan belajar, maka murid mampu merasa memiliki atau menjadi
pengelola dari proses program atau pembelajaran tersebut (ownership). Sedangkan
tugas guru adalah membimbing, menuntun dan memfasilitasi kebutuhan serta
aktivitas murid dalam kegiatan atau program tersebut agar murid tidak kehilangan
arah dan mencapai tujuan yang diinginkan serta mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila
Sesuai penjelasan tentang pengelolaan program
tersebut, maka Latar Belakang yang
ada di sekolah saya UPTD SPF SDN Wonokusumo 1 adalah (1).Pada kegiatan pembelajaran,
murid-murid masih kurang mampu menjadi pemimpin dalam kegiatan pembelajaran
atau program sekolah.(2) Murid-murid kurang mampu mengeksplorasi potensinya
dalam berkomunikasi dengan teman dan orang lain karena merasa malu dan kurang
percaya diri, (3) Interaksi murid dengan sesama teman dan orang lain juga masih
kurang, hal ini dikarenakan murid-murid masih kurang terlibat aktif dalam
kegiatan bekerjasama dengan teman dan warga sekolah dalam suatu kegiatan. Dengan
latar belakang tersebut maka di sekolah saya mengadakan aksi nyata program “Reporter
Cilik” yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi murid. Program
reporter cilik ini merupakan kegiatan berwawancara dengan orang lain untuk
mendapatkan informasi tentang pengalaman atau peristiwa yang dialami orang
tersebut selama kurun waktu dua minggu
Tujuan dari aksi nyata program Repoter Cilik
ini adalah untuk (a) Meningkatkan kompetensi murid dalam berkomunikasi atau berbicara
dengan teman dan orang lain, (b) Meningkatkan kemampuan murid dalam berinteraksi
dengan orang lain (c).Untuk membangun percaya diri murid dalam berkomunikasi atau
berwawancara (d) meningkatkan kemampuan murid sebagai pemimpin pembelajaran
(agent study)
Aset
yang mendukung dan dilibatkan dalam pengelolaan program ini adalah (a) aset
manusia yaitu murid, guru, kepala sekolah, orang tua, masyarakat sekitar. (b)
aset Fisik berupa HP, tape recorder, buku catatan, alat tulis, papan pajangan
dan LCD Proyektor
Rincian
kegiatan dari program Reporter Cilik adalah:
(a)
Program reporter cilik merupakan kegiatan Kokurikuler yang memfokuskan pada
kegiatan murid dalam berwawancara dengan orang lain untuk mendapatkan
informasi, berita dan pengalaman yang dialami oleh orang tersebut.
(b) Kegiatan
dilakukan setiap dua minggu sekali selama satu sampai dua semester
(c) sasaran kegiatan adalah murid kelas IV – VI
dan sebelum dilakukan kegiatan murid-murid diberi bimbingan dan contoh
berwawancara melalui LCD
(d) Elemen dari profil pelajar Pancasila yang
dikembangkan dalam program reporter cilik ini adalah Mandiri, Gotong royong dan
Kreatif
(e) Pertanyaan yang diajukan oleh murid dalam
berwawancara adalah pertanyaan yang
mengandung unsur 5 W 1 H yaitu apa pengalaman atau peristiwa yang dialami, siapa
yang terlibat dalam peristiwa, kapan kejadiannya, dimana kejadiannya, mengapa
peristiwa atau pengalaman itu terjadi dan bagaimana kejadiannya
(f) Hasil informasi yang diperoleh dibuat dalam
bentuk laporan sederhana yang kemudian dipajang di kelas dan karya terbaik
setiap dua minggu akan dipajang dalam mading sekolah dan diterbitkan dalam
buletin sekolah tiap semester.
Hasil
rekaman video saat murid berwawancara dipublikasikan dalam konten
Youtube
sekolah
(g) Indikator keberhasilan dari program adalah (1) murid mampu berkomunikasi lancar dan percaya diri dengan orang lain. (2) murid mampu berinteraksi dengan orang lain
Perasaan saya saat merencanakan aksi nyata program reporter cilik adalah saya
merasa semangat dan tertantang untuk merencanakan sebuah aksi nyata yang dapat
mewujudkan kepemimpinan murid (agent study) sehingga murid berperan aktif dalam
sebuah program atau kegiatan berdasarkan suara, pilihan dan kepemilikan mereka
dalam kegiatan tersebut, selain itu saya merasa termotivasi untuk meningkatkan
kompetensi murid dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
Perasaan saya saat melaksanakan program adalah merasa senang, bersemangat dan
optimis karena saat program ini terlaksana, murid-murid merasa antusias dan
senang dengan program Reporter Cilik, mereka mempunyai ide dan pendapat yang
beragam dalam melakukan wawancara, suara, pilihan dan keterlibatan murid dalam
program selalu diutamakan karena muridlah yang berperan penting dalam program.
Dan kolaborasi antar guru dan orang tua dalam memantau pelaksanaan menjadi penyemangat
saya untuk terus melaksanakan program yang berdampak pada murid ini
Pelajaran yang saya dapatkan dari aksi nyata
yang saya lakukan tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid adalah (a)
Menyusun program perlu menggunakan tahapan yang tepat dan kolaborasi beberapa
aset sekolah yang menunjang, sehingga dipilih tahapan yang digunakan adalah
tahapan BAGJA yang memilki tahapan yang terinci dan sitematis. (b) Dalam melaksanakan program perlu
koordinasi dan kolaborasi dengan aset, saya dapat berkolaborasi dengan murid,
warga sekolah dan orang tua murid dalam melaksanakan program ini yang merupakan
aset penting untuk menunjang terlaksananya program dengan baik, selain itu
pemanfaatan aset fisik/sarpras dan lingkungan seperti contoh lingkungan sekolah
dan keluarga yang kondusif, media HP, recorder dan mading yang dapat menambah
kekuatan dalam pelaksanaan program Reporter Cilik ini. (c) Pengelolaan program
perlu melibatkan suara murid (voice), pilihan murid (choice) dan keterlibatan
atau kepemilikan murid dalam program (ownership) sehingga dapat terwujud
kepemimpinan murid dalam sebuah program atau kegiatan (agent study)
FUTURE (Penerapan ke Depan)
Penerapan
ke depan setelah saya melakukan aksi nyata Pengelolaan Program Yang Berdampak
Pada Murid yaitu program Reporter Cilik adalah (a) saya dapat menerapkan
pengelolaan program dengan melibatkan keaktifan murid dengan mengutamakan
voice, choice dan ownership murid yang merupakan hal penting untuk dapat
diterapkan dalam program selanjutnya. (b) pengelolaan program perlu kolaborasi
dengan aset yang menunjang sekolah sehingga untuk penerapan pada program
selanjutnya perlu pemetaan aset yang lebih tepat dalam merencanakan dan
melaksanakan program.
Refleksi dari
kegiatan aksi nyata program Reporter cilik adalah (1) program reporter cilik
sudah terlaksana dengan baik dan lancar (2) program sudah mendapat dukungan
dari warga sekolah, orang tua dan masyarakat (3) murid-murid merasa semangat
dan senang mengikuti program. (4) Murid-murid dapat meningkatkan kompetensi
berkomunikasi dan interaksinya dengan teman dan orang di sekitarnya
Hal-hal
yang perlu diperbaiki adalah (a) Membuat perencanaan dan pelaksanaan program
yang lebih matang lagi dengan keterlibatan aset-aset sekolah melalui pemetaan
aset dan pendekatan berbasis aset. (b) Meningkatkan kolaborasi dengan guru,
kepala sekolah, orang tua murid dan masyarakat dalam perencanaan dan
pelaksanaan program. (c) Memberikan pengharagaan pada murid sebagai bentuk
apresiasi pada murid yang memilki karya terbaik dan mampu berpartisipasi aktif
dalam kegiatan. (d) selalu berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dalam
program agar program atau kegiatan dapat telaksana dengan baik dan lancar
DOKUMENTASI
AKSI NYATA
Link video aksi nyata wawancara murid program Reporter
Cilik : https://drive.google.com/file/d/1yRzVotYh0Pc1Kesdu8HAd_igvjChfWKy/view?usp=sharing
Diskusi dan Koordinasi dengan Kepala
Sekolah
Diskusi dan Koordinasi dengan
rekan-rekan guru
Aksi Nyata dan rekam
video wawancara murid dengan teman
Aksi Nyata dan rekam video wawancara murid
dengan keluarga
Aksi Nyata dan rekam video wawancara
murid dengan keluarga
Aksi Nyata wawancara murid dengan
keluarga
Kegiatan murid membuat laporan sederhana
hasil wawancara
Komentar
Posting Komentar